SMKN 4 KENDARI

SEIRAMA (Seni, Ilmu, Olahraga, Agama dan Derma)

Rekayasa Perangkat Lunak

RPL adalah singkatan dari Rekayasa Perangkat Lunak dan merupakan sebuah jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). RPL adalah sebuah jurusan yang mempelajari dan mendalami semua cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
Bukan hanya itu, RPL juga berkaitan dengan software komputer mulai dari pembuatan website, aplikasi, game dan semua yang berkaitan dengan pemrograman dengan menguasai bahasa pemrograman tersebut. Intinya RPL tidak akan jauh-jauh dari tiga hal yaitu Coding, Desain dan Algoritma yang akan menjadi kunci keberhasilan rekayasa perangkat lunak tersebut.

Keunggulan Jurusan RPL

  1. Mampu bekerja di berbagai bidang karena sudah dibekali dengan berbagai ilmu dan pengetahuan.
  2. Dalam melakukan kerja lapangan akan lebih mudah karena saat pembelajaran sudah sering melakukan kerja praktek.
  3. Pekerjaan nya yang relatif mudah dan santai, dapat dikerjakan dimanapun dan kapanpun menggunakan koneksi tentunya.
  4. Lebih terdepan dari jurusan lainnya dan orang awam diluar sana karena jurusan RPL lebih mengerti dan mendalami berbagai teknologi.
  5. Mampu memasang sebuah PC.
  6. Mengerti akan fungsi dari komponen komputer.

Apa Saja Yang Dipelajari Di Jurusan RPL?
Sebetulnya RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) itu Gampang ! tidak jauh jauh sama 3 hal ini yaitu:

  1. Coding
  2. Desain
  3. Algoritma

Didalam Coding, Desain dan Algoritma tersebut masih ada Point-Point penting RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Inilah point-point (Dibaca = Pelajaran Penting) tersebut :


VISI :

Mencetak tamatan yang berketuhanan Yang Maha Esa, bertakwa, berakhlak mulia, kreatif dan inovatif di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi khususnya pada jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering).

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan bermutu di bidang rekayasa Prangkat Lunak untuk pengembangan sumber daya manusia yang profesional dan handal di lingkungan global sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas, dan kompeten di dunia industri
  2. Menghasilkan tamatan yang memiliki kompetensi di bidang rekayasa perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dunia usaha, dan industri.
  3. Mengembangkan, menerapkan, dan menyebarluaskan teknologi di bidang rekayasa perangkat lunak yang berbasis pada kebutuhan masyarakat, dunia usaha, dan industri.