SMKN 4 KENDARI

SEIRAMA (Seni, Ilmu, Olahraga, Agama dan Derma)

Mapel Di Jurusan RPL

SMKN4KDI – Mapel Di Jurusan RPL. Mendengar kata RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) tentu tidak lepas dari dalam pikiran kita adalah tentang dunia tekhnologi. Benar adanya, jika sebagian dari anda mengetahui lebih dalam tentang ilmu pendidikan bertekhnologi. Hal demikian dibuktikan dengan sudah banyaknya instansi pendidikan memiliki ilmu yang mengedepankan perkembangan perangkat lunak. Mulai dari pengembangan manajemen berkualitas hingga pemeliharaan seperti development website, aplikasi, game, dsb. Hal yang berkaitan langsung dengan bahasa pemrograman tersebut. Bahkan untuk pendidikannya ini tentu akan diajarkan sampai dengan penguasaan Coding, Desain dan Algoritma. Seperti halnya gambaran jurusan RPL di SMK Negeri 4 Kendari ini tidak lepas dari Materi Pelajaran (Mapel) yang diajarkan, guna untuk melahirkan generasi muda terdidik yang siap berkembang di masyarakat.

Mapel Di Jurusan RPL

Setiap siswa tidak hanya dibekali teori namun juga ilmu untuk siap kerja seperti halnya skill praktek yang menjadi rutinitas kegiatan belajar mengajar.

Baca juga: Rutinitas Praktek Siswa RPL Kelas XI.

Lalu, apa saja yang menjadi Mapel di jurusan RPL SMKN 4 Kendari, berikut gambarannya;

  • Basis Data

Basis data atau database adalah elemen inti dari develop sebuah aplikasi, fungsinya menyimpan semua data masuk kedalam aplikasi. Lingkup dalam materi pelajaran yang diberikan dikelas tidak jauh dari; Merancang dan mengoprasikan SQL dalam DBMS, memodifikasi data, hingga pengambilan data dan menerapkan sistem manajemen basis data.

  • Pemograman Berorientasi Obyek

OOP (Objek Oriented Programming) merupakan pengenalan konsep coding dalam suatu metode berorientasi terhadao objek. Yakni dengan membuat dan menerapkan konsep class, method dan object. Bertujuan untuk saling bekerjasama untuk memecahkan suatu masalah.

  • Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak

Yang di utamakan dalam materi ini adalah memahami konsep dan mempersentasikan teknologi pengembangan aplikasi web. Mulai dari pembuatan kode html, manajemen system hingga menerapkan style pada halaman web.

  • Pemodelan perangkat lunak

Pembelajaran yang satu ini, siswa diajarkan dalam merancang design aplikasi sebelum mengerjakan aplikasi tersebut.

  • Pemrograman dasar

Hal ini berfokus pada pengenalan dasar-dasar pemrograman dengan program yang cukup sederhana. Aplikasi yang dipakai Dev++

– (MJ)

6 thoughts on “Mapel Di Jurusan RPL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *